TEKNIK MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL
BAHASA INDONESIA SMP
B37460NG
1.
Menentukan Letak Kalimat Utama
a. Temukan kata hubung tunjuk (
……ini, ….itu, hal ini, hal itu, tersebut, di atas dll ) pada kalimat kedua.
Jika ada, hampir dapat dipastikan letak kalimat utama adalah pada kalimat
pertama.
b. Kalimat kedua adalah kalimat penjelas yang menjelaskan dari segi apapun
sesuatu yang terdapat pada kalimat utama ( di awal / di akhir ).
c. Temukan di mana letak apa/siapa yang dijelaskan tersebut ( Kalimat pertama
atau kalimat terakhir ). Kalimat yang dijelaskan tersebut adalah kalimat
utamanya.
2.
Menentukan Gagasan Utama
a. apa/siapa yang digantikan oleh
kata tunjuk yang terdapat pada kalimat kedua tersebut
adalah kata kunci bunyi gagasan utamanya
b. apa/siapa yang dijelaskan oleh kalimat penjelas adalah kata kunci gagasan
utamanya
3. Kalimat
Kritikan
a. Biasanya kalimat kritikan
berbentuk kalimat perintah/larangan yang ditandai dengan adanya kata (
harus, seharusnya, sebaiknya, diharapkan, sewajarnya, jangan, sepantasnya dll
).
b. Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak berbentuk kalimat
perintah/larangan karena kemungkinan besar bukan kalimat kritikan.
c. Perhatikan soal, siapa/pihak mana yang harus dikritik
d. Cari dalam bacaan ( pikiran, ucapan, atau perbuatan ) tidak baik yang
dilakukan oleh pihak dalam soal sehingga perlu diberi kritikan
e. Bunyi kalimat kritikan harus sesuai dengan pikiran, ucapan, atau perbuatan
tidak baik tersebut.
4.
Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita
a. Perhatikan kata-kata pertama pada
teks 1
b. Kuasai lebih dahulu fungsi kata tanya siapa, apa, kapan, berapa, di mana,
mengapa, dan bagaimana
c. Tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 1 tersebut
sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 1 )
d. Perhatikan pola pilihan jawaban a,b,c, dan d . Berdasarkan unsur pertama
teks 1 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
e. Selanjutnya tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks
2 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks
2 )
f. Berdasarkan unsur pertama teks 2 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan
jawaban yang pasti salah.
g. Satu unsur berita dapat berbentuk satu kata atau lebih. Satu kalimat dapat
memiliki satu unsur dapat juga lebih tergantung jenis kalimatnya
h. Untuk mengetahui letak unsur kedua atau ketiga atau unsur selanjutnya,
buatlah kalimat tanya dengan kata tanya yang sesuai dengan unsur pertama teks
tadi
i. dengan menggunakan sisa-sisa kalimat yang tidak menjadi jawaban. Kata-kata
setelah kata-kata jawaban adalah unsur keduanya. Begitu selanjutnya.
5. Kesamaan
Informasi Beberapa Teks
a. Jika ada, perhatikan kata-kata
berupa nama, angka, atau istilah yang terdapat dalam pilihan jawaban a,b,c, dan
d sebagai pedoman untuk mencari informasi dalam teks
b. Pilihan jawaban benar jika informasi tersebut termuat baik pada teks 1
maupun teks 2
c. Jangan menentukan jawaban lebih dahulu jika belum berhasil menggaris bawahi
kata-kata kunci pada teks 1 dan 2 yang berupa kata-kata yang bunyinya atau
maknanya sama
6.
Menentukan Isi Teks.
a. Isi teks yang terdiri atas satu
paragraf dapat ditemukan pada kalimat utamanya.
b. Isi teks juga dapat berupa gabungan antara kalimat utama dengan salah satu
kalimat penjelas.
c. Isi teks yang terdiri atas dua paragraf atau lebih dapat ditemukan pada
pilihan jawaban yang memuat gabungan kalimat utamanya
d. Isi teks dapat ditentukan dengan menjawab pertanyaan “apa/siapa yang
bagaimana”
Harga BBM Turun Lagi
Turunnya harga minyak dunia adalah hal yang sangat menguntungkan bagi SBY.
Momen tersebut sangat pas dengan situasi politik menjelang pemilu tahun 2009.
Maka, harga BBM pun turun sampai 3 kali dalam 6 bulan terakhir. Itu pun dengan
harga terakhir yaitu Rp 4.500, pemerintah masih untung dan tak perlu memberi
subsidi. Buktinya, harga jual di negara lain lebih rendah dari itu. Soal
mengaku-aku sebuah prestasi yang didapat tanpa usaha apapun, bangsa Indonesia
memang jagonya.
6. Isi teks berita tersebut adalah…
a. Menurunkan harga BBM merupakan prestasi
b. Harga BBM turun karena harga minyak dunia turun
c. Bangsa Indonesia jago mengaku-aku prestasi orang lain
d. Harga BBM turun karena jumlah minyak terlalu banyak
7.
Menentukan larik bermajas
a. Kuasai lebih dahulu pengertian
majas personifikasi, perumpamaan, metafora, klimak, metonimi, ironi, dan
paradoks
b. Biasanya majas yang paling sering digunakan penyair adalah personifikasi (
mengorangkan benda ) yang dapat dirumuskan = KK/KS manusia + KB atau KB + KK/KS
manusia.
c. Tandai kata-kata dalam pilihan jawaban yang susunan kata-katanya terdiri
atas kata benda yang diikuti atau didahului, kata kerja/kata sifat yang mana
kerja/sifat tersebut hanya biasa dijalankan/dimiliki manusia. Jika ditemukan
pilihan jawaban itu memuat majas personifikasi
8. Kalimat
Pendapat
Kuasai lebih dahulu ciri-ciri
kalimat pendapat berikut.
a. Berbentuk kalimat saran/perintah/anjuran yang ditandai adanya kata (
sebaiknya, sepantasnya, seharusnya, sewajarnya dll )
b. Mengandung informasi yang belum pasti yang ditandai dengan adanya kata (
mungkin, kira-kira, diduga, diperkirakan, disangka dll )
c. Mengandung informasi tentang sesuatu yang belum terjadi yang ditandai dengan
adanya kata ( jika, kalau, bila, andai, andai kata dll )
d. Terdapat kata sifat atau kata yang dapat ditandai seperti kata sifat (
sangat + ……..)
e. Tandai kata-kata kunci di atas pada bacaan untuk menentukan pilihan jawaban
yang benar
9.
Menentukan Fakta
Kalimat yang tidak memuat kata-kata
kunci kalimat pendapat, kemungkinan besar kalimat fakta
10.
Menentukan Kesimpulan/ Gagasan Utama Tajuk
a. Kesimpulan ( simpul/tali/ikat )
adalah satu kalimat yang dapat mewakili seluruh kalimat yang terdapat pada
bacaan.
b. Tentukan apa/siapa + bagaimana yang dibahas dalam tajuk.
c. Siapa/apa + bagaimana tersebut adalah gagasan tajuk tersebut, atau
d. Cari pilihan jawaban yang memuat kalimat yang isinya sama dengan isi kalimat
utama atau gabungan kalimat utama dengan kalimat penjelas, atau
e. Cari pilihan jawaban yang isinya dapat mewakili isi seluruh bacaan
11.
Menentukan Opini Yang berlawanan
a. Cari pada pilihan jawaban yang
isinya berlawanan/berkebalikan dengan apa yang tertulis pada bacaan
b. Tandai kata atau gabungan kata pada pilihan dan bacaan sebagai bukti bahwa
kedua pernyataan itu bertentangan
12.
Menentukan keberpihakan Penulis
a. Keberpihakan diujudkan dalam
bentuk kalimat yang berisi sanjungan, pujian, persetujuan, ungkapan belas
kasihan, atau keprihatinan
b. Cari dalam bacaan kalimat yang berisi hal –hal tersebut. Pihak yang
dikomentari positif itulah yang berpihaki
14.
Menentukan Pertanyaan Sesuai Tabel
a. Membaca tabel dilakukan dengan
melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara baris dan kolom
b. Informasi yang terdapat dalam tabel, biasanya berupa angka, waktu, dan
benda/orang
c. Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan,
dan apa/siapa
d. Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan
jawaban benar
e. Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan
pada tabel.
f. Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
15.
Menentukan kesimpulan Isi Tabel
a. Pahami arti/maksud kata-kata berikut:
naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
b. Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
c. Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
16.
Menentukan Pertanyaan Sesuai Grafik
a. Membaca grafik dilakukan dengan
melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara garis vertikal dan garis
horisontal
b. Informasi yang terdapat dalam grafik, biasanya berupa angka, waktu, dan
benda/orang
c. Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan,
dan apa/siapa
d. Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan
jawaban benar
e. Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan
pada grafik.
f. Tandai informasi di grafik yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
17.
Menentukan kesimpulan Isi Grafik
a. Pahami arti/maksud kata-kata
berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun
drastis
b. Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
c. Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
18. Menentukan Citraan
a. Citraan adalah gambaran lewat
kata-kata. Citraan penglihatan berkaitan dengan sesuatu yang dilihat,
pendengaran dengan suara-suara, penciuman dengan bau, perasaan dengan apa-apa
yang biasa dirasakan hati, perabaan berkaitan dengan apa yang dirasakan kulit,
gerak berkaitan dengan sesuatu yang sedang bergerak, pencecapan berkaitan
dengan apa yang dirasakan lidah.
b. Perhatikan, kata-kata yang terdapat pada larik-larik puisi tersebut
berhubungan dengan sesuatu yang berkaitan dengan panca indra yang mana? Itulah
citraannya
c. Jika terdapat lebih dari satu citraan, pilih yang lebih sering muncul
19.
Menentukan Isi Puisi
a. Pahami, isi puisi biasanya tidak
tertulis dengan jelas pada larik-larik puisi tersebut
b. Isi puisi berupa jawaban dari pertanyaan : apa/siapa yang bagaimana yang
diceritakan dalam puisi tersebut.
c. Isi puisi berupa kesimpulan dari seluruh larik-larik puisi, bukan salah satu
larik saja
d. Biasanya pilihan jawaban yang berisi kata-kata yang diambil dari larik
puisi, bukan pilihan jawaban benar
20. Membaca
Denah
a. Pahami lebih dahulu arah mata
angin. Pada denah bagian atas gambar menandakan arah Utara, bawah Selatan,
bagian tangan sebelah kanan menandakan arah Timur dan tangan kiri menandakan
arah Barat.
b. Pahami maksud kata-kata berikut: sejajar, berhadapan, berseberangan,
berdampingan, mengapit, dekat, jauh atau kata lain yang menunjukan posisi dua
benda
21.
Menentukan Rima
a. Rima adalah persanjakan atau
persamaan bunyi
b. Rima sama jika larik 1,2,3,4 pada akhir larik sama bunyi ( aaaa )
c. Rima kembar, jika bunyi akhir larik pertama kedua sama dan larik ketiga
keempat juga sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 2 ( aabb )
d. Rima silang jika bunyi akhir larik 1 dan 3 sama dan larik 2 dan 4 sama tapi
berbeda bunyi dengan larik 1 & 3 (abab )
e. Rima bebas jika larik 1,2,3, 4 pada akhir larik berbeda bunyi ( a,b,c,d )
22.
Menentukan Pesan/Amanat Cerpen/Novel/Drama
a. Cari hal positif ( lakukan ) atau
negatif ( jangan meniru ) yang dilakukan oleh tokoh dalam bacaan
b. Nasihat/pesan/amanat berkaitan dengan hal tersebut.
c. Kalimat amanat biasanya berbentuk kalimat perintah
23.
Menentukan latar tempat, waktu, atau suasana dalam cerpen/novel/puisi
a. Pahami bahwa nama tempat, nama
waktu, atau nama suasana dalam cerpen/novel/puisi biasanya tidak tertulis
secara tersurat, tetapi hanya berupa kata-kata yang merupakan ciri-ciri tempat,
waktu, suasana yang dimaksud ( tersirat )
b. Pahami tokoh/sesuatu yang terdapat dalam bacaan
c. Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh/sesuatu tersebut dalam satu kata
kerja ( Ani sedang makan, Budi minum, Siti merenung dll )
d. Nama tempat yang digunakan si tokoh/sesuatu dalam melakukan sesuatu adalah
latar tempatnya
e. Nama waktu ketika si tokoh/esuatu melakukan sesuatu adalah latar waktunya
f. Situasi/ suasana/perasaan si tokoh/sesuatu saat melakukan sesuatu adalah
latar suasananya
24.
Menentukan Jenis Konflik
Konflik adalah masalah yang sedang
dihadapi tokoh cerita. Jenis konflik yaitu 1. fisik/badan/raga/badan, 2.
konflik psikis/batin/jiwa/rokhani, 3. konflik ide/pendapat.
Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh cerita. Jika berkelai atau ada kontak
fisik dengan tokoh lain ( konflik fiSik), merenung, bersedih karena sedang
memiliki suatu masalah ( konflik batin), beradu pendapat, diskusi/berdebat (
konflik ide )
25.
Menentukan Konflik dalam cerita
a. Tentukan peristiwa apa yang
menyebabkan si tokoh cerita berkelai, bersedih, merenung, atau berdebat.
b. Peristiwa itulah konfliknya.
c. Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu cocokkan dengan isi pada pilihan
jawaban dengan isi pada bacaann.
d. Pilihan jawaban yang isinya sesuai dengan apa yang tertulis dalam bacaan
itulah pilihan jawaban yang benar.
26.
Menentukan Nilai Moral Cerita
a. Nilai moral adalah nilai yang
berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk.
b. Nilai moral biasanya diwujudkan dalam kalimat pesan.
c. Cari ucapan/ perbuatan/ pikiran yang bersifat negatif dari tokoh cerita.
d. Bunyi nilai moral berkaitan dengan hal tersebut
27.
Menentukan Watak Pelaku Cerita
a. Pahami lebih dahulu pengertian
contoh-contoh watak/karakter berikut: bengis, bijaksana, pengertian, perhatian,
pengecut, penyabar, cerdik, licik,soleh, relijius, patuh dll
b. Pahami lebih dahulu bahwa watak pelaku cerpen/novel/drama biasanya tidak
tertulis secara gamblang, tetapi hanya berupa kata-kata/perbuatan yang
merupakan ciri-ciri sebuah watak.
c. Watak tokoh dapat dilihat lewat apa yang dikatakan/lakukan/pikirkan tokoh
tersebut , apa yang dituliskan pengarang, ciri pisik si tokoh, dan disebutkan
tokoh lain
d. Pahami siapa tokoh yang harus ditentukan wataknyab
e. Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu secara berurutan cari bukti yang
berupa perkataan /perbuatan/penjelasan pengarang/ucapan tokoh lain yang sesuai
dengan watak tersebut
28.
Menentukan Tulisan Buku Harian/Pengalaman pribadi
a. Pahami, bahwa pelaku dalam buku
harian/ pengalaman adalah “aku/saya”
b. Bagian yang tertulis dalam buku harian biasanya waktu, tempat, peristiwa
yang disertai ekspresi perasaan si pelaku saat mengalami peristiwa itu.
c. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada
keempat pilihan jawaban tersebut. Mulai dari pelaku ( aku/saya), waktu, tempat,
peristiwa lalu ekspresi perasaan.
d. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan
eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai
dengan ilustrasi.
e. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain tanpa menyertakan pilihan
jawaban yang sudah dieliminasi sampai ditemukan pilihan jawaban yang
benar-benar sesuai dengan ilustrasi
29. Menulis
Memo Sesuai Ilustrasi
a. Pahami hal-hal berikut pada
ilustrasi: pengirim memo, yang dikirimi memo, hubungan antara penulis memo dan
yang dikirimi, dan isi perintahnya.
b. Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban
dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan pengirim memo, yang dikirimi memo,
dan isi perintah.
c. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada
keempat pilihan jawaban tersebut.
d. Mulailah dari perbedaan kata perintah yang digunakan ( kata perintah yang
benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dirimi memo)
.
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan
eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai
dengan ilustrasi.
f. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain ( isi ) tanpa menyertakan
pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang
pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan
ilustrasi
30. Menyusun
laporan Sistematis
a. Laporan yang sistematis adalah
laporan yang disusun sesuai dengan urutan waktu kejadian
b. Jika pada salah satu kalimat terdapat atau dimulai dengan kata hubung, cari
kalimat sebelum kalimat tersebut.
c. Lihat pada pilihan jawaban yang sesuai dengan urutan kedua kalimat tersebut.
d. Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang urutannya nomornya tidak
sesuai dengan urutan nomor dua kalimat tersebut.
31. Menyusun
laporan Sesuai Ilustrasi
a. Pada ilustrasi, temukan kalimat
yang memuat tujuan diadakannya kegiatan tersebut
b. Bunyi laporan sesuaikan dengan tujuannnya
32. Menulis
Pembuka Surat Pribadi
a. Pembuka surat pribadi biasanya
berisi salam, sapaan, menanyakan kabar si penerima surat, dan mengabarkan
keadaan si pengirim surat.
b. Kata sapaan dan salam harus sesuai kedudukan antara pengirim dan penerima
surat
c. Perhatikan pola pilihan jawaban lalu temukan perbedaan keempat pembuka surat
tersebut
d. Begitu menemukan satu perbedaan, sesuaikan dengan urutan bagian pembuka
surat pribadi tersebut
e. Pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan bagian-bagian pembuka surat
pribadi di atas, kemungkinan kata-kata/kalimat yang seharusnya ditulis pada
bagian isi.
33. Menulis
Penutup Surat Pribadi
a. Penutup surat pribadi biasanya
berupa penekanan apa yang tertulis dalam isi atau berupa pesan
b. Jika ada, temukan pada soal gambaran isi penutup surat tersebut.
c. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan isi penutup
surat tersebut pada keempat pilihan jawaban tersebut.
d. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan
eleminasi terhadap pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
34. Menulis
Isi Surat Undangan
a. Isi surat undangan biasanya
berisi hari/tanggal, waktu, tempat, dan acara/kegiatan
b. Sapaan menggunakan hurup besar dan menyesuaikan kedudukan antara si
pengundang dan yang diundang.
c. Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban
dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan sapaan, hari/tanggal, waktu, dan
nama acara
d. Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada
keempat pilihan jawaban tersebut.
e. Mulailah dari perbedaan kata kata sapaan yang digunakan ( kata sapaan yang
benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dikirimi
undangan) .
f. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan
eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai
dengan ilustrasi.
g. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (hari/tanggal, waktu, dan nama
acara ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang
dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban
yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
35. Menulis
Penutup Surat resmi
a. Jenis surat resmi adalah
pemberitahuan, undangan, dan permohonan.
b. Sesuaikan kalimat penutup dengan jenis suratnya.
c. Syarat penutup surat resmi adalah, jangan menggunakan kata ganti milik atau
klitika “nya”, tetapi gunakan kata sapan Bapak, Ibu, Anda, Saudara, Adik, dll
d. Gunakan kata kerja aktif ( mengucapkan, kami ucapkan), jangan pasif ( diucapkan
)
e. Ungkapan jangan berlebih-lebihan ( sangat terima kasih, kami haturkan,
banyak-banyak terimakasih )
36. Menulis
Rangkuman
a. Jika bacaan terdiri atas satu
paragraf, rangkuman berupa kalimat utamanya atau kalimat utama dan salah-satu
kalimat penjelas.
b. Jika bacaan teridiri atas lebih dari satu paragraf, rangkuman berupa
gabungan kalimat utama tiap paragraf.
c. Perhatikan kata-kata/kalimat pertama masing-masing pilihan jawaban
d. Curigai pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama
paragraf pertama sebagai pilihan jawaban benar.
e. Jika ada dua atau tiga pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari
kalimat utama paragraf pertama, lakukan perbandingan pada kalimat selanjutnya
37. Menulis
Slogan
a. Slogan mempunyai ciri: kalimatnya
pendek, berisi semboyan, tidak berbentuk kalimat perintah
b. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut.
c. Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan slogan yang terdapat pada
ilustrasi
d. Bunyi slogan diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
38. Menulis
Poster
a. Poster mempunyai ciri: kalimatnya
agak panjang, berisi ajakan, berbentuk kalimat perintah
b. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri
tersebut..
c. Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan poster yang terdapat pada
ilustrasi
d. Bunyi poster diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
39. Menulis
Iklan Baris
a. Syarat iklan baris adalah singkat
(kata-katanya sedikit), padat (kata-kata tertentu disingkat), dan jelas (
pembaca iklan dapat memahama isi iklan tersebut)
b. Iklan baris biasanya terdiri atas 4 bagian dengan urutan berikut, yaitu 1.
pernyataan menjual/membeli, 2. nama barang/jasa, 3. keterangan barang/jasa (
termasuk harga jika ada ), dan 4. alamat pemasang iklan.
c. Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
d. Mulailah dari perbedaan bagian 1 ( pernyataan menjual/membeli ) .
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan
eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai
dengan ilustrasi.
f. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (nama barang, keterangan, dan
alamat tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang
dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban
yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
g. Jika ada dua pilihan yang cirinya sama, pilih yang lebih singkat
40. Menulis
Pembukaan Pidato
a. Pahami dalam ilustrasi hal-hal
berikut : yang berpidato, yang mendengarkan pidato, dan nama acara/ tujuan
pidato.
b. Pahami bahwa pembukaan pidato berisi salam/sapaan, dan ucapan syukur kepada
Tuhan YME, dan penyebutan nama acara/kegiatan/tujuan
c. Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
d. Mulailah dari perbedaan pertama ( salam/sapaan ) .
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan
eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai
dengan ilustrasi.
f. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (ucapan syukur dan penyebutan
nama acara/ kegiatan ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi
( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan
jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
40. Menulis
Rumusan Masalah Karya Ilmiah
a. Rumusan masalah berisi gambaran
masalah yang akan dibahas
b. Pahami bahwa Rumusan masalah berupa pertanyaan yang berkaitan dengan
judul/tema karya tulis atau Latar Belakang Masalah
c. Pahami bahwa rumusan masalah berbentuk pertanyaan dengan kata tanya yang
sering digunakan adalah “apa/apa saja”dan “bagaimana”
d. Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan
jawaban benar.
e. Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan tema/judul, tentukan apakah akan
membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan
f. Jika yang akan dibahas adalah jenis/rincian kata tanya pada rumusan masalah
yang sesuai adalah “apa/apa saja”
g. Jika yang akan dibahas adalah cara/penjelasan, kata tanya pada rumusan masalah
yang sesuai adalah “bagaimana”
h. Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan Latar Belakang Masalah, tentukan
apakah Latar Belakang Masalah tersebut membahas jenis/rincian ataukan
cara/penjelasan. Kata Tanya pada rumusan masalah yang dipakai sama dengan di
atas.
41.
Menentukan Latar Belakang Masalah Berdasarkan Identifikasi Masalah
a. Identifikasi masalah dapat berupa
pertanyaan atau pernyataan
b. Cari pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan pertanyaan atau
pernyataan yang terdapat pada Identifikasi Masalah
c. Perhatikan kalimat pertama pada tiap-tiap pilihan jawaban
d. Curigai kalimat pada pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan apa
yang terdapat pada identifikasi masalah urutan pertama sebagai pilihan jawaban
benar.
e. Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi.
f. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang kalimat pertamanya tidak
menjawab/ menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan/pernyataan pada identifikasi
masalah pertama.
g. Lakukan hal yang sama terhadap kalimat berikutnya tanpa menyertakan pilihan
jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti
salah ) sampai ditemukan paragraf yang isinya menjawab atau menjelaskan semua
yang tertulis pada identifikasi masalah
41. Menentukan
Balasan Pantun
a. Pahami bahwa pantun adalah puisi
lama dengan ciri berikut: 1. jumlah larik dalam satu bait empat, 2.
berima/bersajak a,a,a,a/a,b,a,b, 3. Larik 12 isi, larik 3 4 sampiran
b. Pantun biasanya berisi nasehat, permintaan, atau pertanyaan yang dituangkan
dalam 2 larik ( biasanya 8 kata )
c. Perhatikan larik 3 dan 4 pada ilustrasi untuk menemukan pertanyaan atau
pernyataan pantun tersebut
d. Cari pada larik 3 dan 4 pada pilihan jawaban yang merupakan jawaban dari
pertanyaan/pernyataan tersebut.
e. Jika ada dua pilihan yang sesuai dengan pertanyaan/penjelasan pantun
ilustrasi, kemungkinan salah satu rima dari pilihan jawaban yang tersisa bukan
a,b,a,b atau puisi tersebut tidak berjenis pantun.
42.
Menentukan Urutan Pantun
a. Tentukan urutan nomornya
berdasarkan persanjakan ( a,b,a,b/a,a,a,a )
b. Cari letak isi pantun tersebut
c. Berdasarkan urutan itu, lihat pada pilihan jawaban
d. Curigai pilihan jawaban yang memuat urutan tersebut sebagai pilihan jawaban
benar.
43.
Melengkapi dialog Drama
Selalu perhatikan dialog sebelum dan
sesudah bagian yang rumpang
43.
Menyunting Kalimat Agar Efektif
a. Kalimat tidak efektif ditandai
dengan adanya kata-kata yang mubazir ( tidak perlu ) atau adanya dua kata yang
memiliki arti sama ( banyak = para = peserta = sekalian = bermacam-macam =
beberapa = sangat = kata benda yang diulang ), agar=supaya, walau = tetapi dll
b. Biasanya kata yang mempunyai makna sama letaknya berdekatan
c. Kata yang mubazir adalah sebuah kata yang jika kata tersebut dihilangkan,
arti kalimatnya tidak berubah.
d. Perhatikan kata-kata yang harus dihilangkan pada pilihan jawaban lalu cari
kata yang berdekatan dengan kata-kata tersebut. Jika ditemukan dua kata yang
maknanya sama, berarti kata pada pilihan jawaban dapat dihilangkan
e. Jika menemukan pilihan jawaban yang kata-katanya dapat dihilangkan tanpa
mengubah arti/makna seluruh kalimat, berarti kata-kata itu tidak perlu
43. Menulis
Naskah Drama Berdasarkan Narasi
a. Naskah drama mempunyai cirri
berisi nama pelaku yang diikuti dialog yang harus diucapkan dan terkadang
disertai adegan yang harus diperankan.
b. Temukan perbedaan, isi kalimat/dialog atau pengucap dialog pada pilihan
jawaban lalu cocokan satu persatu secara urut dengan ilustrasi.
43. Menulis
kalimat Saran Berdasarkan Kesimpulan
a. Kalimat saran berupa kalimat
perintah atau larangan
b. Temukan hal baik/tidak baik yang terdapat pada kesimpulan tersebut
c. Saran/nasihat berkaiatan dengan hal tersebut
Jumlah pengunjung perpustakaan SMP 1 Karangrejo rata-rata hanya 35 siswa setiap
hari. Jumlah itu tidak sebanding dengan jumlah seluruh siswa yang mencapai 765
siswa.
43.
Menyunting Paragraf
a. Perhatikan kalimat penjelas yang
harus diganti atau disunting
b. Kalimat penjelas selalu menjelaskan gagasan utama kalimat utamanya ( pada
kalimat pertama jika kalimat yang harus disunting kalimat terakhir )
c. Isi kalimat menjelas harus logis dan masuk akal
Laut kita yang kaya akan ikan memancing nelayan-nelayan dari negara tetangga
untuk mencurinya.